Donor darah itu apa sih ?

PDFPrintE-mail

Donor darah atau pendonor darah adalah orang yang menyumbangkan darah atau komponennya kepada pasien, untuk tujuan penyembuhan penyakit dan

pemulihan kesehatan. So, diluar dua tujuan itu, namanya bukan donor darah. 

Ada tiga tipe donor :

1.  Donor Darah Sukarela (DDS)

Orang yang sukarela mendonorkan darahnya. Mereka tidak tahu kepada siapa darahnya akan diberikan. Donor tipe ini biasanya memiliki prevalensi IMLTD paling rendah, karena tidak ada alas an kuat untuk menutupi semua informasi yang dapat membuat mereka ditolak untuk donor darah.

Banyaknya DDS yang rutin donor darah, dapat memenuhi kebutuhan darah setiap hari. Hal ini tentu sangat menguntungkan pasien. Pasalnya, selalu tersedia darah sehat yang sudah diolah dan siap digunakan kapan pun. Pasien tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan darah yang cocok, atau menunggu proses pengolahan darah selesai.

Sayangnya, jumlah DDS ini masih belum banyak. Jumlah DDS yang minim, membuat pasien tidak bias langsung mendapatkan darah yang dibutuhkan sehingga harus menunggu atau mencari Donor Darah Pengganti melalui keluarga, teman atau menyebarkan infonya via jejaring sosial seperti twitter, facebook, BBM, dan sebagainya.

Padahal, sering kali informasi via jejaring social tersebut, sudah tidak up to date lagi atau terjadi dobel informasi untuk orang yang sama. Bisa juga informasi yang disampaikan kurang tepat sehingga ketika DDP datang ke unit donor darah, kebutuhannya sudah berbeda dan DDP tidak jadi mendonorkan darah. Kasihan kan jika rumahnya DDP jauh dari lokasi unit donor darah berada. Apalagi jika DDP sudah jauh-jauh datang, tapi sampai di lokasi ternyata syarat administrasinya atau kesehatannya berbeda atau tidak terpenuhi.

2.  Donor Darah Pengganti (DDP)

DDP biasanya berasal dari keluarga, teman atau siapa pun yang ingin mendonorkan darahnya hanya untuk pasien tertentu saja. Artinya pendonor tahu kepada siapa darahnya akan diberikan. Misalnya saja, pendonor darah yang ikut donor untuk disumbangkan khusus bagi pasien yang ikut donor untuk disumbangkan khusus bagi pasien tertentu yang infonya tersebar melalui jejaring social.

3. Donor Darah Bayaran

Orang yang memiliki motivasi untuk menerima uang atau bayaran dengan mendonorkan darahnya

Comments  

 
0 #3 Rina Kurnia 2016-08-26 16:32
Kalau donor darah apheresis itu yg bagaimana ya? Dan persyaratan untuk melakukan apheresis bagaimana kak?
Quote
 
 
0 #2 IrawanDB 2016-06-07 08:47
Quoting Gara:
Apakah donor darah pada saat puasa itu boleh?

Silahkan, asalkan kondisi tubuh tetap prima dan memenuhi syarat donor pada saat medical checkup pendonor.
Quote
 
 
+1 #1 Gara 2016-06-07 03:56
Apakah donor darah pada saat puasa itu boleh?
Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

Link

 

Contact Information

Jl. Dr. Soebandi No. 293 Jember, Telp. (0331) 484383