Jalin Kerjasama Donor Darah Dengan IDI Jember

PDFPrintE-mail

IDI JemberIkatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Jember dalam rangka memperingati HUT IDI menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Lingkungan Dan Kali Bersih Dalam Menuju Jember Sehat”. Dalam peringatan HUT IDI kali ini juga membagikan sarung tangan plastik, sepatu Boot kepada 100 orang pasukan hijau dan kegiatan kemanusiaan donor darah dan bagi-bagi souvenir berupa Tshirt kepada pendonor sebagai wujud kerjasama antara IDI Jember dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember.

Selain untuk memperingati HUT IDI kegiatan tersebut juga bertujuan mengajak dan menumbuhkan kesadaran masyarakat atas pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama kebersihan sungai dan saluran air sehingga masyarakat menjadi sehat dan memiliki generasi penerus yang produktif, mampu berkarya serta berguna bagi bangsa.

Menurut Dr. Hendro Soelistijono, MM, MARS. selaku ketua umum IDI Jember menjelaskan tentang ide awal terselenggaranya kegiatan tersebut bermula dari keinginan anggota IDI untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan sungai. “Dengan terciptanya kebersihan lingkungan dan sungai kami berharap tingkat kesehatan masyarakat jember akan meningkat,” jelasnya.

Selanjutnya Hendro juga menambahkan jika terselenggaranya kegiatan tersebut, IDI mengadakan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Jember, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Fakultas Kedokteraan Unej, Rumah Sakit DKT, Rumah Sakit Jember Klinik dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. “Mereka semua sangat antusias dan terlihat semangat untuk terjun langsung disalah satu kegiatan membersihkan saluran air depan Rumah Sakit DKT,” imbuhnya.

Setelah acara membersihkan saluran air selesai, Hendro mengatkan jika keesokan harinya tepatnya minggu pagi semua anggota IDI dan peserta lainnya berkumpul di Alun-alun jember untuk secara bersama-sama membersihkan sampah sekaligus meningkatkan kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya. “Sebagai penutup acara, kami mengadakan donor darah sukarela yang diadakan oleh PMI.

Ahmad Sudiyono selaku ketua PMI Jember mendukung sepenuhnya kegiatan yang diprakarsai oleh organisasi profesi yang beranggotakan dokter tersebut. “Dengan kegiatan seperti itu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi pada musim hujan seperti sekarang,  kebersihan  lingkungan dan sungai harus dijaga dengan baik dengan tidak membuang sampah di sembarangan atau disungai. Hal seperti ini harus kita awali dari pribadi kita masing-masing” terangnya.

Terkahir Ahmad mengucapkan terima kasih kepada IDI Jember yang telah menutup kegiatan dalam rangka peringatan HUT IDI dengan acara donor darah sukarela. “Dari laporan kegiatan Unit Donor Darah (UDD) PMI pada kegiatan donor darah itu mendapatkan lebih dari 60 kantong darah. Sehingga sangat berguna bagi pasien yang mebutuhkan transfusi darah. Mari semua berlomba-lomba dalam kabajikan sehingga berguna baik bagi sendiri maupun oran lain,” pungkasnya.

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

SUPPORT ONLINE

  

BERITA VIDEO

Link

 

Contact Information

Jl. Dr. Soebandi No. 293 Jember, Telp. (0331) 484383