Diperiksa HB dulu sebelum Donor !!!!

PDFPrintE-mail

altSering muncul  pertanyaan dari para pendonor yang budiman terkait pemeriksaan Hb yang dilakukan saat pendonor melakukan donasi. Bahkan ada beberapa pendonor yang merasa ngeri saat akan ditusuk pada ujung jari untuk pengambilan contoh darah sebagai bahan pemeriksaaan Hb.

            Dr. Dudung Ari Rusli selaku dokter dalam bidang transfusi darah di Indonesia sekaligus direktur UDD PMI Kabupetan Jember menjelaskan jika pemeriksaan Hb pada saat pendonor akan mendonorkan darahnya adalah mutlak harus dilakukan karena hasil dari pemeriksaan itu berhubungan dengan kesehatan pendonor dan kuwalitas darah yang akan ditranfusikan kepada pasien.

             “Kebutuhan transfusi pasien sebagian besar diakibatkan kadar Hb pasien rendah sehingga tidak ada jalan lain selain transfusi darah. Oleh sebab itu, jika darah yang akan ditransfusikan didapatkan dari pendonor yang kadar Hb nya rendah juga, maka darah tersebut kurang bermanfaat secara klinis bila ditranfusikan kepada pasien”, jelasnya.           

            Selanjutnya Dr. Dudung juga mengatakan jika terdapat manfaat lain dari pemeriksaan Hb yaitu pendonor akan mengetahui normal tidaknya kadar Hb saat itu. “Saat Hb pendonor rendah atau kurang dari 12,5 gr/dl yang merupakan batasan minimal syarat untuk donor darah, maka pendonor diminta untuk menunda donasinya”, imbuh lelaki yang menyelesaikan gelar Dokternya di Universita Brawijaya Malang.

            Mengingat pentingnya pemeriksaan Hb saat pendonor darah akan melakukan donasi, dirinya berharap agar semua pendonor mau untuk dilakukan pemeriksaan Hb. “Dengan begitu pendonor yang telah mendonorkan darahnya menjadi sehat dan darah yang didonorkan akan berfungsi secara klinis kepada pasien yang membutuhkan”, harapnya

Comments  

 
0 #2 betting apps 2023-11-17 12:39
If some one wishes expert view on the topic of blogging afterward i propose him/her to pay a
quick visit this blog, Keep up the pleasant job.
Quote
 
 
0 #1 edy 2013-06-14 20:50
siiip :-)
Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

BERITA VIDEO

Link

 

Contact Information

Jl. Srikoyo No.115, Patrang - Jember, Telp. (0331) 484383