PMI STOK KOSONG PADAHAL ANIMO MASYARAKAT SUDAH TINGGI

altKenapa sih PMI sering stok kosong. Padahal masyarakat sudah sering donor dan setiap acara donor antri untuk dapat menyumbangkan darah. Animo masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jember sangat luar biasa untuk donor. Ini dapat terbukti instansi-instansi donor Kabupaten Jember sebagian besar telah bekerjasama dengan Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember. Namun ternyata hal tersebut seringkali tidak mencukupi kebutuhan pasien. Kebutuhan masyarakat Jember akan darah terus meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk. Menurut WHO perencanaan kebutuhan darah itu 2 % dari Jumlah penduduk. Penduduk kabupaten Jember sebesar 2.332.726 (BPS Kabupaten Jember) 2 % dari jumlah tersebut sebesar 46.655 kebutuhan darah yang harus tersedia untuk penduduk Kabupaten Jember. Padahal Kabupaten Jember juga merupakan rujukan dari Kabupaten sekitar sehingga pemenuhannya juga semakin tinggi.

Bagaimana upaya PMI sebagai institusi yang diberi tugas melakukan pengelolaan darah. Berbagai upaya telah kita lakukan dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat baik melalui sosialisasi maupun juga melalui media sosial kita yang aktif menginspirasi masyarakat agar memiliki gaya hidup sehat melalui donor darah. Pendonor sehat dan pasien yang membutuhkan darahpun dapat tertolong.

      Data Intansi Kegiatan Donor UDD PMI Kabupaten Jember

PENGGOLONGAN INSTANSI

JUMLAH INSTANSI

TNI/ POLRI

7

KESEHATAN

14

ORGANISASI MASYARAKAT

9

PERUSAHAAN

18

BUMN

12

AGAMA

13

PERGURUAN TINGGI

10

SEKOLAH

21

PEMERINTAH

12

UNIVERSITAS di JEMBER

16

Jumlah

132

Selalu dan selalu tak lelah kita mengajak untuk melakukan donor darah. Hal ini juga sesuai dengan nawacita Presiden tentang visi misi tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 untuk meningkatkat upaya menjaga kesehatan masyaraka. Masyarakat yang berdonor adalah masyarakat yang sehat. Ayoo donor darah....

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

Link

 

Contact Information

Jl. Srikoyo No.115, Patrang - Jember, Telp. (0331) 484383