Mau Donor Darah Tapi Takut Sakit

Donor darah merupakan perbuatan mulia yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang dengan menyumbangkan darah secara sukarela untuk diberikan kepada orang lain (pasien) yang membutuhkan darah untuk maksud dan tujuan transfusi darah. Donor darah memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi orang yang memanfaatkan darahnya, namun juga bagi pendonor memiliki manfaat bagi kesehatan yang bisa dirasakan, antara lain:

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung dan resiko penyakit yang disebabkan kekentalan darah
  2. Memperlancar peredaran darah yang ada didalam tubuh
  3. Status kesehatan seorang donor darah akan selalu terpantau setiap 2 bulan sekali
  4. Membantu proses pengurangan berat badan, karena donor darah itu dapat membakar kalori dalam tubuh (asalkan tidak makan berlebih setelah donor)
  5. Perasaan puas secara psikologis karena dapat membantu orang lain, dll.

Sayangnya, meskipun banyak manfaat yg diperoleh dari donor darah masih banyak orang yang enggan melakukan donor darah dikarenakan berbagai alasan. Salah satunya alasan orang enggan melakukan donor darah yaitu karena takut sakit.

Bagi sebagian orang yang belum pernah donor darah akan merasa takut sakit. Padahal, dalam proses donor darah saat jarum suntik di tusuk ke dalam pembuluh darah di lengan rasanya hanya seperti di gigit semut dan setelah jarum suntik ditusuk kemudian darah mengalir ke kantong darah sudah tidak akan merasakan apa-apa karena sakitnya hanya sesaat. Mungkin sebagian orang hanya akan merasa sedikit pegal. Setelah merasakan proses donor darah maka donor darah tidak sesakit yang dipikirkan.

Untuk itu, pendonor tidak perlu takut dengan proses pengambilan darah yang hanya membutuhkan waktu 10-15 menit. Donor darah tidak sesakit yang kita pikirkan, tidak perlu ketakutan dengan proses medis donor darah, karena sakit yang dirasakan hanya sesaat. Jika kita mengetahui bahwa sekantong darah kita dapat menyelamatkan nyawa seseorang rasa sakit sedikit yang dirasakan saat ditusuk jarum, tidak akan sebanding dengan kebahagian yang akan kita dapatkan karena telah menyelamatkan nyawa sesorang, mencegah sebuah keluarga kehilangan tulang punggung mereka, buah hati mereka, atau alasan hidup mereka. Buat kalian yang memenuhi syarat untuk donor darah. Yuk sekarang saatnya kita bersama-sama bergerak saling bantu. Ingat bahwa kita hidup itu untuk saling tolong menolong dan memberi, dengan donor darah tidak akan menyebabkan kita kehilangan banyak darah.

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

Link

 

Contact Information

Jl. Srikoyo No.115, Patrang - Jember, Telp. (0331) 484383