Bulan Puasa Darah Melimpah di PMI Jember

PDFPrintE-mail

alt

Tradisi lama Unit Donor Darah setiap bulan puasa mengalami kekosongan stok dapat digerus oleh PMI Kabupaten Jember. Terutama di bulan puasa tahun ini stok darah UDD PMI Kabupaten Jember pada posisi aman untuk mencukupi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat Jember.

Tradisi lama stok kosong di bulan puasa tersebut sangat dipahami karena masyarakat muslim sebagai pemeluk agama mayoritas Indonesia sedang menjalankan aktifitas berpuasa di siang hari dan malam hari menjalankan rangkaian ibadah yang dianjurkan agama Islam seperti sholat tarawih ataupun tadarus di masjid-masjid dan ibadah lain.

Seluruh rangkaian tersebut yang dianggap kelemahan bagi pencarian donor darah dijadikan peluah oleh PMI Kabupaten Jember. Membidik masyarakat yang ramai di Masjid bekerja sama dengan ranting-ranting PMI di Kecamatan mengadakan acara donor darah di Masjid-masjid Jamik Kecamatan usai sholat Tarawih. UTD PMI juga menggelar donor dengan Bus donor darah yang stand by di depan Masjid  Jamik Baitul Amin Jember. Perolehan fantastik dari antusias masyarakat baik yang sedang di masjid ataupun masyarakat yang sekedar jalan-jalan di Alun-alun kabupaten Jember. 

"Kita memang mengoptimalkan semua peluang, membaca setiap kesempatan dapat lebih mendekatkan donor di hati masyarakat. Bulan puasa konsentrasi masyarakat meningkat di malam hari, kita pun mengikuti dengan menggelar kegiatan donor di malam hari." Ungkap Dodo nahkoda pelestarian donor UDD PMI Kabupaten Jember.

Bantuan lain yang tidak dapat dikesampingkan adalah masyarakat beragama non muslim dan sekolah-sekolah non muslim yang tetap support menolong sesama dengan donor darah.

Untuk ke depan kita tetap berusaha keras dapat mencukupi kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat Jember. Tantangan berikutnya adalah kebutuhan darah pada saat Idul Fitri dimana masyarakat sedang sibuk lebaran sehingga pendonor lebih sulit di dapatkan dan lalu lintas jalan lebih padat kecelakaan akan meningkat. Namun kita akan atasi dengan meraih simpati masyarakat yang belum donor dengan event-event yang memberikan doorprice-doorprice khusus di bulan puasa.

Bagaimanapun pelayanan masyarakat selalu dinomorsatukan bagi PMI Kabupaten Jember dan UDD yang berkonstrasi kepada pelayanan darah akan selalu meningkatkan baik kwalitas maupun kwantitas darah. Dukungan masyarakat yang akan menentukan keberhasilan setiap program.

Ayoo...donor dan jadikan kita sebagai pahlawan kemanusiaan.

Add comment

Security code
Refresh

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

SUPPORT ONLINE

  

BERITA VIDEO

Link

 

Contact Information

Jl. Dr. Soebandi No. 293 Jember, Telp. (0331) 484383