DONOR DARAH SEHAT - UTD PMI JEMBER

Fakta dan Mitos Donor Darah

FAKTA DAN MITOS

DONOR DARAH

Oleh : dr. Elida Marpaung, M.Biomed, Koordinator Pelayanan Unit Pelayanan Transfusi Darah RSCM

 

Berbagai mitos tentang donor darah banyak berkembang di masyarakat, ada beberapa hal informasi yang tidak tepat sementara kenyataan dan fakta tentang donor darah melalui penelitian masih banyak yang belum terpublikasi dengan baik.

 

Donor darah merupakan kegiatan yang telah lama kita kenal dan bisa jadi kitapun sudah menjadi donor darah sukarela yang telah beberapa kali mendonorkan darah kita. Sistem penggolongan darah ABO yang sampai sekarang masih digunakan dalam penggolongan darah untuk memberikan darah yang aman kepada pasien, ditemukan oleh Karl Landsteiner seorang yang memenangkan Nobel sistem penggolongan darah ABO tersebut.

 

Kok darahnya warna putih???

alt

Pernah lihat darah? pertanyaan yang aneh khan...karena semua orang pasti pernah melihat darah. Ketika kita terluka menetes warna merah nah itu adalah darah. Namun sebuah pengalaman menarik ketika pasien membutuhkan transfusi kenapa yang ditransfusikan ada yang tidak berwarna merah kadang putih lho. Hal tersebut adalah proses pengolahan darah yang dapat dipisahkan menjadi produksi komponen darah.

Apa sih komponen darah itu : komponen darah adalah bagian-bagian darah yang dipisahkan dengan cara fisik/mekanik tanpa menambahkan bahan kimia kedalamnya (dengan cara pengendapan/pemutaran)

 

Rhesus dan Golongan Darah

altApa sih Golongan darah ?

Ketika kita mendengar kata golongan darah pasti dalam fikiran kita akan muncul goldar A, B, AB, O. Pengertian Golongan darah adalah ilmu penggolongan darah berdasarkan ada atau tidak adanya zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah tersebut. Di dunia ini ada kurang lebih 46 golongan darah atau jenis antigen tetapi yang mayor antigen ABO dan Rh.

Apa itu Rh (Rhesus) ?

   

Visitasi Dinas Kesehatan

altPerpanjangan ijin operasional UTD PMI Kabupaten Jember telah mendapatkan respon baik dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.

Respon baik tersebut terlihat dari visitasi dari Dinas Kesehatan untuk meninjau ulang seluruh proses pelayanan darah yang telah sertifikasi ISO 9001:2015.

 

PMI AKTIFKAN KSR PERGURUAN TINGGI

DIKLAT DAaltSAR 120 JAM;

Sesuai tulisan asli Unit Humas PMI Kabupaten Jember

JEMBER,- Amanah Undang-undang RI nomor 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan pada bab V pasal 22 menyebutkan salah satu tugas PMI diantaranya melakukan pembinaan relawan. Sukarelawan PMI memiliki misi kemanusian yang bersifat meringankan penderitaan sesama manusia yang dengan tidak membedakan agama atau kepercayaan, suku, jenis kelamin, kedudukan sosial, atau kriteria lain yang serupa.

H.EA. Zaenal Marzuki, SH, MH (Ketua PMI kabupaten Jember) dalam kebijakannya berkomitmen, " Pengurus PMI Kabupaten Jember akan mengaktifkan Sukarelawan (KSR PMI) diseluruh perguruan tinggi Negeri maupun swasta di Kabupaten Jember, dan membentuk KSR PMI yang masih belum terbentuk di perguruan tinggi dengan melakukan MoU dengan Perguruan Tinggi negeri dan swasta.' jelasnya.

   

Page 2 of 17

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

Link

 

Contact Information

Jl. Dr. Soebandi No. 293 Jember, Telp. (0331) 484383