DONOR DARAH SEHAT - UTD PMI JEMBER

Fakta dan Mitos Donor Darah

FAKTA DAN MITOS

DONOR DARAH

Oleh : dr. Elida Marpaung, M.Biomed, Koordinator Pelayanan Unit Pelayanan Transfusi Darah RSCM

 

Berbagai mitos tentang donor darah banyak berkembang di masyarakat, ada beberapa hal informasi yang tidak tepat sementara kenyataan dan fakta tentang donor darah melalui penelitian masih banyak yang belum terpublikasi dengan baik.

 

Donor darah merupakan kegiatan yang telah lama kita kenal dan bisa jadi kitapun sudah menjadi donor darah sukarela yang telah beberapa kali mendonorkan darah kita. Sistem penggolongan darah ABO yang sampai sekarang masih digunakan dalam penggolongan darah untuk memberikan darah yang aman kepada pasien, ditemukan oleh Karl Landsteiner seorang yang memenangkan Nobel sistem penggolongan darah ABO tersebut.

 

PMI AKTIFKAN KSR PERGURUAN TINGGI

DIKLAT DAaltSAR 120 JAM;

Sesuai tulisan asli Unit Humas PMI Kabupaten Jember

JEMBER,- Amanah Undang-undang RI nomor 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan pada bab V pasal 22 menyebutkan salah satu tugas PMI diantaranya melakukan pembinaan relawan. Sukarelawan PMI memiliki misi kemanusian yang bersifat meringankan penderitaan sesama manusia yang dengan tidak membedakan agama atau kepercayaan, suku, jenis kelamin, kedudukan sosial, atau kriteria lain yang serupa.

H.EA. Zaenal Marzuki, SH, MH (Ketua PMI kabupaten Jember) dalam kebijakannya berkomitmen, " Pengurus PMI Kabupaten Jember akan mengaktifkan Sukarelawan (KSR PMI) diseluruh perguruan tinggi Negeri maupun swasta di Kabupaten Jember, dan membentuk KSR PMI yang masih belum terbentuk di perguruan tinggi dengan melakukan MoU dengan Perguruan Tinggi negeri dan swasta.' jelasnya.

   

Pre Audit Akuntan Publik PMI KAB. JEMBER

altSelasa, 21 Nopember 2017 Unit Tranfusi Darah PMI Kab. Jember telah melakukan Pre Audit Eksternal dari Kantor Akuntan Public Habib Basuni.

Pre audit dilaksanakan sebagai awalan audit ekternal PMI Kabupaten Jember.

Hal ini sangat sesuai komitmen kualitas UTD PMI Kabupaten Jember  untuk selalu memberikan

   

Pelantikan pengurus PMI Kabupaten Jember

alt

Jember, 04 Oktober 2017 pengurus PMI Kabupaten Jember dilantik oleh Ketua PMI Propinsi Jawa Timur bertempat di di pendopo Wahya Wibawa Graha Jember.

Susunan Pengurus Palang Merah Indonesia Kab. Jember Masa Bakti Tahun 2017-2022:

Pelindung : Bupati Jember

Ketua: H.E.A Zaenal Marzuki, SH,MH

   

Berani donor darah itu KEREN

altApa yang terbesit pertama kali ketika mendengar kata donor darah. Kata temen saya yang terlintas adalah jarum, secara mulai kecil takut jarum suntik yang kecil apalagi jarum donor itu gede seperti itu. Ketakutan seperti itu sudah nggak jaman ndeso istilah jaman sekarang. Di jaman sekarang dimana teknologi dan kemampuan teknisi laboratorium telah berkembang sedemikian rupa.

Nggak percaya...coba deh donor darah..nggak terasa sakit...

Belum lagi rasa tusukan awal donor darah itu menjadi lebih tidak terasa kalau kita ingat manfaat donor darah. Manfaat yang pertama perasaan gembira karena sudah berbuat untuk orang lain beramal dengan berbagi dengan orang yang tidak beruntung karena kesehatan sehingga membutuhkan darah.

   

Page 1 of 16

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

Link

 

Contact Information

Jl. Dr. Soebandi No. 293 Jember, Telp. (0331) 484383