DONOR DARAH SEHAT

PDFPrintE-mail

 

Donor Darah Sehat

Salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia adalah darah. Darah berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringantubuh, mengangkut bahan-bahan kimiahasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virusatau bakteri. Seseorang yang menyumbangkan darah melalui donor darah tidak hanya membantu pemulihan kesehatan atau bahkan menyelamatkan pasien yang membutuhkan, namun juga memberikan manfaat bagi pendonor itu sendiri.

Berikut beberapa manfaat donor darah yang mungkin belum Anda ketahui : 

1.    Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara rutin (tidk kurang dari 60 hari setelah tanggal donor terakhir) dapat menurunkan kekentalan darah, dimana merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah.

2.    Menurunkan risiko kanker

Dengan donor darah maka zat besi yang berlebih dalam tubuh Anda juga berkurang. Hal ini dapat mengurangi risiko terkena kanker. Kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan.

3.    Mendeteksi penyakit serius

Setiap kantong darah dari pendonor, baik pendonor baru pertama kali atau yang sudah rutin, dilakukan pemeriksaan terhadap  HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi.

4.    Membuat lebih sehat secara psikologis

Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

 

Demikialah beberapa manfaat yang mungkin dapat memberi gambaran tentang donor darah sehat. Sehat bagi pendononya, selamat dan sehat bagi yang membutuhkannya.


 

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

BERITA VIDEO

Link

 

Contact Information

Jl. Srikoyo No.115, Patrang - Jember, Telp. (0331) 484383