DONOR DARAH SEHAT - UDD PMI JEMBER

PMI STOK KOSONG PADAHAL ANIMO MASYARAKAT SUDAH TINGGI

altKenapa sih PMI sering stok kosong. Padahal masyarakat sudah sering donor dan setiap acara donor antri untuk dapat menyumbangkan darah. Animo masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jember sangat luar biasa untuk donor. Ini dapat terbukti instansi-instansi donor Kabupaten Jember sebagian besar telah bekerjasama dengan Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember. Namun ternyata hal tersebut seringkali tidak mencukupi kebutuhan pasien. Kebutuhan masyarakat Jember akan darah terus meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk. Menurut WHO perencanaan kebutuhan darah itu 2 % dari Jumlah penduduk. Penduduk kabupaten Jember sebesar 2.332.726 (BPS Kabupaten Jember) 2 % dari jumlah tersebut sebesar 46.655 kebutuhan darah yang harus tersedia untuk penduduk Kabupaten Jember. Padahal Kabupaten Jember juga merupakan rujukan dari Kabupaten sekitar sehingga pemenuhannya juga semakin tinggi.

 

Plasma Konvalesen

alt

JEMBER – Begitu di-launching, Unit Donor Plasma hasil kerjasama PMI Kabupaten Jember dengan RSD dr Soebandi Jember langsung beraksi. Unit donor plasma yang berada di RSD dr Soebandi Jember langsung produksi plasma konvalesen. Setidaknya, sehari ada tiga pendonor plasma yang merupakan penyitas Covid-19 yang mendonorkan plasma darahnya. Dari tiga kantong plasma darah itu, dua diantaranya langsung diserahkan kepada pasien Covid-19 yang tergolong berat.

 

Ayo Donor Darah Sebelum Vaksin Covid-19

alt


JEMBER – Para Relawan pendonor darah harus mengatur waktu vaksinasi Covid-19 dengan tepat. Pasalnya, pendonor bisa melakukan  donor darah kembali setelah enam minggu sejak Vaksinasi Covid-19 pertama. Untuk itu, PMI Pusat menyarankan agar para pendonor darah melakukan donor darah dulu baru vaksinasi Covid-19.

   

Produk FFP Kembali Tersedia UTD PMI Jember

alt

            Setelah hampir sepekan stok Fresh Frozen Plasma (FFP) di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Jember kososng, kini stok produk FFP kembali tersedia dan siap untuk didistribusikan bagi semua pasien yang membutuhkan transfuse khususnya plasma segar beku.

            Menurut Pangestu Hadi salah satu petugas laboratorium mengatakan penyebab kekosongan produk FFP tersebut akibat tidak tersedianya salah satu bahan yang dipakai untuk pembekuan secara cepat. “Mulai hari pertengahan puasa, kami kesulitan mencari dry es meski mencari ke Surabaya,” jelasnya.

 

DPR juga donor

altRabu, 16 Oktober 2013 HM Ayub Junaidi dari DPRD Jember berkenan donor di UDD PMI Kabupaten Jember. Ini kali ke-3 donor sesuai sistem informasi manajemen UDD PMI jember. Hal tersebut menjadi hal menggembirakan bagi UDD karena kesadaran berdonor sudah semakin tinggi di Masyarakat. "Saya berdonor karena anjuran dari Dr. Sugeng 

   

Page 1 of 17

INFORMASI STOK DARAH

ANDA PENDONOR ?

JADWAL MU

ARSIP BERITA

Link

 

Contact Information

Jl. Srikoyo No.115, Patrang - Jember, Telp. (0331) 484383